Sabtu, 14 November 2020
My Whole Life ❤️
Jumat, 07 Agustus 2020
Senior Year I'm Coming
Hey guys, what's up? How are you guys? I hope y'all doing alright all the time. Anyway, this has been me again. I'm with all my confusion. No, I mean, when I wrote something to my blog means something happened to me. It can be a happy thing or a sad thing. But this time I'm so devastated of my life. I couldn't imagine how my life beyond.
I'm now about entering my 7th semester of study. Means, now I'm in a senior year of college. This is my fourth year of college. I'm nearly graduate. But then more problems are coming waiting my ass to welcome them. Ah no. Here we go again. My problems.
I'm still active in organization while this is maybe my last chance being active in such activity. I'm a member of student senate in my campus. But then I also have so big responsibility toward my position. I'm a secretary. And yes, who else would do such a risky and burden job like me. Huh. I also work as a freelance writer and translation in a company. Well, that's not a heavy job and no deadlines at all. But yes, I got my job getting more difficult but with the same payment as before. I joined the company's group and yeah that's it I couldn't explain anymore. I'm speechless. I just really a little bit cringe because of this. Maybe it's a little bit improvement of the job desk. Okay, that's okay. As long as I can handle it then there's no problem at all. I wish.
Well, now let's come to the main problem here. This September would be my time to register my KRS in campus. I still have at least 5 subjects to complete my study before taking my thesis. Okay, I got it. I just can take both subjects and thesis together this semester. My lecturer also said I should take the thesis in my 7th semester but here is the problem. I do have hesitation whether I could finish it on January or not. If I couldn't finish, then how is my score in thesis which I will take on my KHS? What if I couldn't finish this semester and got D or even worse so it affect my whole GPA? But then how if I don't take my thesis subject this semester but in my 8th semester instead. So I could just focus on one thing. But then, yes again so many people suggest me to take it on 7th semester. And maybe I would consider taking it later. So, at least I have a progress. Then, I just can use my Methodology proposal to submit my chapter 1 of thesis. I just need to put some theories. Well, I have decided I will take it on my 7th semester. Yes I have 10 variable of subjects and 6 thesis variable. I wish I could survive this semester with tears!
I do active in student organization, I do my work at company, I do my 5 subjects, I do my thesis and maybe I do learn something else too!! I need to invest knowledge as much as possible. But at the same time, I often get headache, I easily get stressed, depressed, and even worse than them. I spend a lot of money to buy junk foods, soft drinks, and some unhealthy meals. I don't care as long as I could finish all things I should do, then it's okay. Oh God. Why I live in a such manner?
Anyway, please stay safe and stay healthy everyone. Don't forget to be happy! Now thank you for reading my unpleasant story. I'm so sorry if you are addicted to my life. So, bye! Love you.
Senin, 11 Mei 2020
my body is aching all the time - curhat lulu yang sedang sakit otot dan sendi
Sabtu, 02 Mei 2020
Too Tired
Sabtu, 25 April 2020
Battle of Corona
#Religion matter
I don't ask but something keep goin'
Minggu, 19 April 2020
It's been a while
Sabtu, 15 Februari 2020
Pengalaman Kuliah di ISI Yogyakarta-Kuliah
Let's check it out!
Pengalaman kuliah ku ini merupakan pengalaman yang aku alami sendiri, dan terjadi saat aku semester 1, 2, dan awal semester 3 karena semester 3 aku sudah pindah kampus. Btw kalau ada yang belum tau, jadi aku di ISI ini ambil jurusan D3 Batik Fashion, dibawah Departemen Kriya Seni, Fakultas Seni Rupa. Mungkin kalau kalian mengincar untuk ambil jurusan musik, tari atau film, akan berbeda sekali pengalamannya, tapi kalau kalian mau masuk seni rupa, I think this is the right place for you :) gak beda jauh sama jurusan lain sih, mungkin lebih beda di tugas-tugas kuliahnya aja kalau per jurusan di fakultas ini. Secara lingkungan atau sosialnya, ya hampir sama lah.
Buat yang nanya kenapa aku pindah kampus, yang jelas aku tidak akan pindah kampus tanpa alasan yang kuat ya teman-teman. Jadi pindah kampusku ini bukan karena aku tidak nyaman, salah jurusan, punya masalah sama kating/dosen, atau alasan sepele lainnya, tapi ada alasan yang lebih kuat dan ini cukup privasi. But, aku masih cinta sama kampus ini guys, sungguh. Malah bulan Desember 2019 kemarin, aku sempet ikut jadi volunteer fashion show TA nya anak Batik dan Kriya!
Udah deh langsung aja yuk ini dia ...............
Semester 1 ini masih jadi maba unyu gitu
Masih polos dan suci
Belum penuh dosa
Hehehehe
Seminggu pertama (Senin-Jumat) hanya perkenalan, biasalah kalau ini apalagi maba
Minggu kedua mulai pengenalan mata kuliah
Disini aku mendapat mata kuliah sebagai berikut :
Sekalian semester 2
- Desain Elementer 1,2
- Ornamen 1,2
- Gambar bentuk
- Seni batik tradisional 1,2
- Teknik pewarnaan Batik 1,2
- Agama
- Ilmu bahan
Sudah 7 kan?
Iya semester ini ada 7 mata kuliah
Semester 2 ada matkul diatas (yang ada 2 nya) dan tambahan sbb:
- Estetika
- Bahasa Indonesia
- Desain fashion
Desain elementer ini mata kuliah yang mendasari mata kuliah lain
Artinya ini merupakan dasar yang paling dasar
Mata kuliah ini kita mengenal bentuk dan warna
Kalau dulu waktu SMK ini namanya Nirmana
Ya pelajarannya memang agak tidak jelas
Bikin gambar yang asal-asalan tapi harus sesuai prinsip nirmana
Harus paham segala jenis warna
Baik warna dingin, panas, netral
Komplementer, bersebrangan, bertentangan
Harus paham karakter garis pula
Garis lurus dan lengkung
Ya gitu deh kalau kamu orang seni rupa pasti bakal paham
Di semester 1 ini tugas cukup banyak juga
Tiap pertemuan dikasih 3 tugas
1 harus selesai di kampus
2 sebagai PR dan dikumpul minggu depan
Dulu aku setiap senin ada matkul ini
dari jam 8.30 sampai jam 11.30
Perlu membawa berbagai peralatan seperti pensil, penghapus, penggaris
Kemudian cat air, pallet, kuas, tissue, tempat air, jangka, dll
Ribet
Diakhir semester semua tugas dijilid hardcover
Semacam portofolio gitu, buat penilaian UAS
dan tentunya menghabiskan banyak uang
Pertama untuk tugas karya itu sendiri kita perlu uang untuk membeli cat yang bagus kualitasnya tapi ya gak harus yang mahal bgt juga, kalau aku waktu itu pakai mouwilek (gak tau tulisannya gimana) sejenis cat tembok pokoknya yang dicampur sama sendi itu, ini aku beli di toko cat, bukan toko alat lukis, sekitar 60rb an, kalo di toko alat lukis mungkin lebih mahal, tergantung sih
Terus buat kuas juga harus punya dari berbagai ukuran dari yang paling kecil hingga kuas untuk ngeblok, kuas ini aku beli di toko alat lukis dgn harga sekitar 10rb per kuas, dan aku beli berbagai macam ukuran dari 0,sekian sampai yang gede, dengan bentuk kuas kotak gepeng, dan lancip
Terus kertas hitam untuk dasar jilid an nya, pakai kertas linen, habis sekitar 60rb, buat beli kertasnya sebanyak 12pcs sekaligus dipotong jadi 4 kertas per lembar
Terus kertas kalkir atau buat pembatas karya di jilid annya, ini agak murah tp ya gak murah bgt
Terus biaya jilid hard cover, sekitar 40rb, agak lupa, tapi menjelang hari H pengumpulan, tempat jilidku ini biasanya menaikkan harga, pegawainya tau kapan kampusku ujian
Tempat aku beli peralatan dan bahan, dan jilid tugas itu semua beda-beda gais, ada yang di utara, deket kampus, ada yang deket malioboro, ada yang disini, disitu lah pokoknya aku hampir muterin jogja hahaha
Itu baru tugas UAS 1 mata kuliah aja, belum yang lain
Pokoknya, harus banyak sabar, banyak tenaga, dan penuh perjuangan banget hehe
But it doesn't matter
Hal ini berlaku juga di mata kuliah ornamen
Waktu itu aku sedang tidak banyak uang jadi aku hemat hemat banget
Pakai kertas hitam yang murah lalu ku potong sendiri 1 lembar jadi 5 kertas
Kemudian kertas putih juga hanya pakai kertas minyak yang murah
Terus cat pun aku cari yang murah
Kuas juga hanya sisa sisa peralatan waktu SMK
Ornamen
Disini kita belajar ornamen dari mulai dasar yak
Pertama suruh bikin tugas gitu agak absurd tapi ya memang nyatanya begitu
Pakai buku gambar A4 30 halaman digaris tepi
Halaman pertama bikin garis miring ke kanan sampai penuh minimal 2 cm
Halaman kedua garis miring ke kiri
Halaman selanjutnya berbagai bentukgaris seperti lengkung gelombang kotak dan lain lain
Pokoknya dari tugas itu bisa dilihat kamu orangnya seperti apa
Dosen saya bisa melihat oh si A ini orangnya sabar dan telaten
Si B orangnya suka buru buru dan tidak sabaran
Si C awalnya konsisten sabar tapi cepat bosan jadi garis tidak teratur lagi
Ya gitu deh
Sederhana tapi mengena banget tugasnya
Seni memang luar biasa
Dosenku juga luar biasa
Mahasiswanya juga tak kalah luar biasa
Selanjutnya diajarkan materi stilasi
apa itu stilasi? Silahkan searching sendiri
Pokoknya gambar hewan atau benda lain dibikin beda tapi masih terdapat unsur benda tersebut
Maksudnya kita harus kreatif mendesain sesuatu merubah bentuknya tanpa menghilangkan keaslian objek tersebut
Yak gimana jelasinnya nih aku belibet banget
Ya gitulah anak seni rupa pasti paham
Karena seni tidak bisa dijelaskan dengan kata kata
Hanya karya lah yang mampu berbicara
Eakk
Gambar bentuk
Ini aku suka sih lumayan
Tiap hari jumat
di ruang gedung logam
Setiap pertemuan ada objek yang dijadikan gambar secara langsung
Kita harus paham bagaimana pencahayaan objek tersebut
Awalnya hanya hitam putih menggunakan pensil
Lama lama kita disuruh mewarnai pakai pensil warna
Terus pakai cat air
Gambar harus dibuat se realis mungkin
Duh, susah susah gampang sih
Tapi aku pernah dapet nilai 95 waktu gambar bentuk buah-buahan
Nilai terjelekku 75 pas gambar blezer hmm
Seni batik tradisional
Ini setiap kamis kalau tidak salah
Paling banyak sks nya
Yakni 4 sks
Sehingga memang butuh pengorbanan yang cukup berat
Untuk d3 Batik fashion semester 1 sudah disuruh buat selendang
50x1,5 m
Dengan motif tradisional
Paling awal yakni membuat konsep
Mau pakai motif apa
Kalau aku dulu pakai motif kawung khas jogjakarta tercinta ini
Terus ditambah apa saja sesuai kreatifitas
Waktu itu ku tambah motif burung
Membuat selendang tidak boleh sembarangan
Ada beberapa elemen
Seperti motif utama
Pinggiran
Tumpal
Lalu apa itu namanya yang ditengah lupa aku duh
Prosesnya lumayan lama
Karena harus mendesain
Membatik
dan Mewarnai sendiri
Itulah kenapa batik tulis harganya mahal
Prosesnya lama dan ribet
Makanya mahal
Tapi ini karya seni asli Indonesia
Jadi harus bangga dengan produk negeri ya guys
Jangan meremehkan profesi pembatik, pelukis, penjahit, atau apapun itu
Karena semuanya memiliki effort masing-masing
Hm btw kalau aku jelasin per mata kuliahnya satu-satu bakal panjang banget
Aku persingkat aja ya
Jadi karena aku ini jurusan batik dan fashion
Tentunya setiap karya batik mengarah untuk diaplikasikan ke dunia fashion
Tapi tidak dipungkiri juga untuk diarahkan ke karya 2D sekedar pajangan/hiasan
Selama aku semester 1, aku diberi tugas membuat selendang batik
Bahan nya aku pakai kain mori harga 15rb/m
Canting satu paket harga 10rb
Terus aku inisiatif beli kompor listrik sendiri biar bisa ngerjain tugas di rumah
Kompornya harganya 150rb
Kadang aku juga beli bahan pewarna sendiri sih, harganya beda-beda
Biasanya aku beli perlengkapan batik ini di toko prawoto yang ada di deket objek taman sari
Orang jogja atau yang tau pasti tau lahh
Disana lengkap perlengkapan batik
Diakhir semester, dosen ngasih tau kalau beberapa karya, ada yang diminta sama beliau
Karena ada yang minat
Kebetulan selendangku ini ternyata diminta dosen
dan...
Ya taulah, selendangku laku guys wkwk
Lumayan yaa, buat balik modal, malah lebih deh
Nggak nyangka aja gitu
Kalau bikin karya itu emang harus dari hati guys, dan harus banyak sabar
Insyaallah akan ada reward nya nanti
Yah, aku rasa sekian dulu cerita pengalaman kuliah ku di kampus ISI Yk tercinta ini.
Next aku sambung lagi ke part 2, lebih ke sosial life nya yah
Karena yang part ini aku lebih bahas ke kuliahnya, tugas tugas, dan sebagainya
Kalau kamu pengen tau lebih detail, atau mau lihat karya-karyaku, bisa hubungin aku di instagram @luluaundhia yaa guys, jangan malu mau tanya-tanya apa aja boleh kok
Once again, thank you for your attention
Have a great day!